Kamis, 06 November 2014

Langkah Kerja Motor bahan bakar Bensin




Langkah Kerja Motor Bensin 4-TAK/LANGKAH

*Langkah kerja motor bensin 4-tak terdiri dari 4 langkah :
        1. Langkah Hisap
        2. Langkah Kompresi
        3. Langkah Kerja / Usaha
        4. Langkah Buang


*Berikut penjelasan tentang langkah kerja Motor Bensin 4-TAK .

   1. Langkah Hisap : Piston bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) ke Titik Mati Bawah (TMB) , dengan katup masuk terbuka dan katup buang tertutup (campuran bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar)

   2. Langkah Kompresi : Piston bergerak dari Titik Mati Bawah (TMB) ke Titik Mati Atas (TMA) , dengan kedua katup sama-sama tertutup (udara ditekan sehingga kompresi menjadi tinggi , kemudian busi memercikan bola api)

   3. Langkah Usaha : Piston bergerak dari Titik Mati Atas (TMA) ke Titik Mati Bawah (TMB) , dengan kedua katup sama-sama tertutup (karena dorongan daya ledakan dari percikan bola api busi)

   4. Langkah Buang : Piston bergerak dari Titik Mati Bawah (TMB) ke Titik Mati Atas (TMA) , dengan katup masuk tertutup dan katup buang terbuka (gas sisa pembakaran didorong keluar ke saluran pembuangan)

*Pengertian diatas adalah prinsip langkah kerja motor bensin 4-tak . Kita perlu mengenal dan memahami apa fungsi dari langkah-langkah tersebut .

*Selanjutnya kita akan belajar mengenai prinsip langkah kerja motor bensin 2-tak .






Langkah Kerja Motor Bensin 2-TAK

*Langkah kerja motor bensin 2-tak terdiri dari 2 langkah , :
     1. Langkah Isap dan Kompresi .
     2. Pembakaran dan Buang .

*Pada dasarnya prinsip kerja pada motor bensin terdiri dari 5 hal yaitu:
  1. Pengisian campuran udara dan bahan bakar
  2. Pemampatan/pengkompresian campuran udara dan bahan bakar
  3. Pembakaran campuran udara dan bahan bakar
  4. Pengembangan gas hasil pembakaran
  5. Pembuangan gas bekas
*Pada motor 2 tak, diselesaikan dalam dua gerakan piston atau satu putaran poros engkol .

*Prinsip Kerja Motor 2 tak
    *1. langkah isap dan kompresi
       Piston bergerak ke atas. Ruang dibawah piston menjadi vakum/hampa udara, akibatnya udara dan campuran bahan bakar terisap masuk ke dalam ruang dibawah piston. Sementara dibagian ruang atas piston terjadi langkah kompresi, sehingga udara dan campuran bahan bakar yang sudah berada di ruang atas piston suhu dan tekanannya menjadi naik. Pada saat 10-5 derajat sebelum TMA, busi memercikan bunga api, sehingga campuran udara dan bahan bakar yang telah naik temperatur dan tekanannya menjadi terbakar dan meledak.
    *2. Langkah usaha dan buang

        Hasil dari pembakaran tadi membuat piston bergerak ke bawah. Pada saat piston terdorong ke bawah/bergerak ke bawah, ruang di bawah piston menjadi dimampatkan/dikompresikan. Sehingga campuran udara dan bahan bakar yang berada di ruang bawah piston menjadi terdesak keluar dan naik ke ruang diatas piston melalui saluran bilas. Sementara sisa hasil pembakaran tadi akan terdorong ke luar dan keluar menuju saluran buang, kemudian menuju knalpot.
Langkah kerja ini terjadi berulang-ulang selama mesin hidup.
*Keterangan : Pada saat piston bergerak ke bawah, udara dan campuran bahan bakar yang berada di ruang bawah piston tidak dapat keluar menuju saluran masuk, karena adanyareed valve. 

*KEUNGGULAN DAN KEKURANGAN MOTOR 2 TAK DIBANDING MOTOR 4 TAK
*KEUNGGULAN MOTOR 2 TAK DIBANDING 4 TAK

      1. Untuk ukuran dan putaran yang sama daya yang dihasilkan lebih besar
  • Secara teoritis daya motor 2 tak dua kali lebih besar dibanding motor 4 tak
       *Kenyatannya tidak demikian, sebab: setiap kali akhir langkah usaha lubang buang sudah terbuka, Proses pembilasan sangat singkat sehingga masih ada sisa gas buang .
     
      2. Konstruksinya lebih sederhana
    
      3. Getarannya lebih kecil
   
      4. Bobot mesin untuk setiap satuan daya lebih kecil
    
      5. Knalpot lebih awet
     
      6. Perawatan lebih mudah

*KELEMAHAN MOTOR 2 TAK DIBANDING 4 TAK

      1. Pemakaian bahan bakar lebih boros
      2. Knalpot/port mudah buntu
      3. Pelumasan pada dinding silinder kurang sempurna (exhaust port)
      4. Polusi yang ditimbulkan lebih banyak (asap dan emisi)


Demikian lah penjelasan tentang prinsip kerja motor bensin 4-tak dan 2-tak . semoga bermanfaat buat agan-agan pecinta otomotif :) :D :P . tunggu blog selanjutnya ..

.
                                                                                                               07 November 2014
                                                                                                        by : Sandy Dwi Nur Saputra .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar